Selasa, 07 Agustus 2012


Berbagi Ilmu bersama ibu-ibu PKK
Oleh
Tim KKN 212


            Jumat mubarok, 27 Juli 2012 di bawah terik matahari siang hari, serombongan ibu-ibu datang berangsur-angsur menuju kediaman ibu dukuh tobayan untuk menghadiri pertemuan rutin ibu-ibu PKK. Kegiatan kelompok ini diantaranya adalah arisan dan simpan pinjam. Seakan tak ingin melewatkan moment berharga ini, kami mencoba untuk memasukkan program kerja subunit kami yang berupa sosialisasi pentingnya peran ibu sebagai madrasah pertama generasi penerus bangsa. Tugas utama diantara yang paling utama adalah dengan memperhatikan asupan gizi bagi anak-anak. Seorang ibulah yang akan menentukan pola makan dan minum anak-anaknya. Menjaga pola makan yang baik akan berdampak baik pula bagi kesehatan anak-anak. Untuk itu kami mencetuskan sebuah program “Komunitas ibu-ibu PKK Peduli Pangan dan Gizi”. Selain untuk mengkampanyekan program peduli gizi anak, komunitas ini nantinya juga akan diberdayakan untuk membentuk suatu unit usaha mandiri dalam bidang pangan. Harapan kami, komunitas ini dapat menjadi salah satu jalan penyejahteraan keluarga kecil pedesaan. Setelah terbentuk beberapa komunitas kecil di setiap wilayah RT dusun Tobayan, akan diberikan pelatihan-pelatihan pemberdayaan, seperti praktik pembuatan produk-produk olahan pascapanen pertanian maupun perikanan. Keadaan lingkungan sekitar yang bertanah subur dan sumber air yang melimpah menjadi modal utama bagi masyarakat untuk pengoptimalan program ini.
            Setelah program sosialisasi program “Komunitas ibu-ibu PKK Peduli Pangan dan Gizi”, acara dilanjutkan dengan penjelasan “Keajaiban VCO (Virgin Coconut Oil)”. Salah satu tanaman yang banyak ditemui di tanah Tobayan adalah kelapa. Kelapa merupakan tanaman yang sangat bermanfaat, setiap bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan oleh manusia. Bagian buah merupakan salah satu bagian tanaman yang banyak dimanfaatkan. Buah kelapa yang masih muda dapat dimanfaatkan sebagai minuman isotonik yang dapat membantu mengganti cairan tubuh yang telah hilang. Sedangkan buah kelapa yang sudah tua dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah produk olahan minyak kelapa perawan  berkhasiat tinggi, yaitu untuk mengikat lemak jahat yang dapat menggangu kesehatan tubuh. Selama pemateri memberikan penjelasan, ibu-ibu terlihat antusias dalam memperhatikan, antusiasme ibu-ibu semakin terlihat saat sesi tanya jawab selepas penjelasan. Meskipun hanya sekedar penjelasan singkat, tetapi ibu-ibu PKK sangat bersemangat menyambutnya. Bahkan, karena terdorong rasa ingin tahu yang tinggi, ibu-ibu PKK meminta untuk diadakan sebuah demo pembuatan VCO.
            Tidak hanya pembuatan VCO saja, di minggu keempat masa tugas KKN, kami juga menyiapkan beberapa pelatihan pengolahan produk pertanian dan perikanan lain, seperti pembuatan bolu kering ikan, permen susu, nugget nila, pembuatan soes, dan selai kelapa. Harapan kami, program ini akan terus berjalan selepas KKN hingga terwujud kesejahteraan bagi masyarakat Tobayan yang masih tertempel stiker “Keluarga Miskin” di depan pintu-pintu rumahnya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Jumlah Pengunjung

free counters